Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan

Ryan Taufika, Dwi Agustina Rahayu

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini antara lain untuk mengetahui konsep pendidikan karakter yang dirumuskan oleh para ahli, ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan secara terperinci, dan pendidikan karakter dipandang dari ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dengan menggambarkan teori-teori menurut para ahli tentang pendidikan karakter dan ruang lingkup pendidikan kewarganegaraan. Kemudian penulis menganalisanya untuk ditemukan persamaan dari keduanya. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa munculnya pendidikan karakter justru lebih menampakkan karakter-karakter yang harus dimiliki oleh setiap anak didik dan sekaligus pendidikan karakter tersebut menguatkan pendidikan kewarganegaraan. Karena pada hakikatnya pendidikan karakter itu merupakan ruh dalam pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan dengan ruang lingkupnya yang jelas dan terperinci tidak keluar dari tuntunan Pancasila dan UUD 1945 sehingga berjalan searah dengan pendidikan karakter antara lain pembentukan nilai-nilai karakter yang baik pada setiap anak didik. Keberhasilan pendidikan kewarganegaraan tidak tergantung pada baik atau tidaknya salah satu komponen pendidikan melainkan satu sama lain saling keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan antara PKn dengan pendidikan karakter. Sehingga sampailah kepada apa yang dirumuskan dalam tujuan pendidikan nasional.

Keywords


pendidikan karakter, ruang lingkup, pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.