Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi

Binov Handitya

Abstract


Pendidikan merupakan suatu entitas yang sangat erat dengan budaya dan peradaban manusia. Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah terlihat dan dapat dinikmati umat manusia. Namun dibalik kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut juga tidak sedikit menimbulkan dampak negatif bagi banyak manusia, apalagi dalam era globalisasi sekarang ini yang sangat berkaitan erat dengan moral bangsa. Ancaman yang mungkin kurang disadari oleh generasi saat ini berkaitan dengan munculnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah degradasi moral bangsa. Pendidikan mengambil peran yang sangat penting dalam mengatasi polemik yang terjadi ini. Pendidikan dimaksudkan sebagai mesin dalam menciptakan generasi bangsa untuk menghadapi masa depan dan menjadikan bangsa ini memiliki peradaban serta bermartabat di antara bangsabangsa lain di dunia. Zaman yang selalu berkembang menuntut pendidikan untuk selalu menyesuaikan diri dan menjadi motor dalam proses pendewasaan dan pembangunan bangsa. Dalam konteks globalisasi, pendidikan di Indonesia perlu membiasakan anak-anak untuk memahami eksistensi bangsa dalam kaitan dengan eksistensi bangsa-bangsa lain dan segala persoalan dunia. Berkaitan dengan perkembangan zaman, kita telah memasuki yang namanya era disrupsi teknologi. Pada era ini menuntut manusia di samping berpikir logis juga harus cakap dalam menyikapi perkembangan informasi yang telah dikemas dalam sistem digital. Pendidikan nasional perlu mempertimbangkan aspek-aspek itu sehingga sistem yang telah dibentuk dapat relefan dengan perkembangan zaman. Birokrasi pendidikan di tingkat nasional perlu fokus pada kebijakan yang strategis dan visioner serta mampu mengkreasi sistem yang mampu menjembatani antara nilai-nilai murni bangsa dengan perkembangan yang ada.

Keywords


Pendidikan, Moral Bangsa, Era Disrupsi dan Globalisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.